Translate

Jumat, 20 April 2012

KARTU BILANGAN (PERMAINAN PENJUMLAHAN)


KARTU BILANGAN (PERMAINAN PENJUMLAHAN)
A.     Pengenalan
     Sebelum memulai permainan mari terlebih dahulu kita mengetahui dan memahami tentang paraturannya. Sebelumnya akan di uraikan dahulu bahan dan cara membuat kartu bilangan, karena tak ada kartu bilangan maka permainan tidak akan terjadi.


a.      Bahan-Bahan Yang di perlukan.
1.      Kertas karton berwarna (warna bebas sesuai keinginan)
2.      Penggaris
3.      Sepidol / sejenisnya.
4.      Gunting.
b.      Langkah-Langkah Pembuatan
1.  Kartu bilangan terdiri atas 28 kartu, setiap kartu jika dijumlahkan akan menghasilkan hasil yang sama, dan masing-masing terdiri dari 4 kartu.
2.    Setelah membuat penjumlahan dalam kartu dan di tulis dalam kertas asturo yang sudah di ukur dan di beri garis, tulislah angka-angka dalam asturo pada kolom yang sudah di buat.
3.   Setelah semua angka telah ditulis maka gunting setiap kolom sehingga terpisah dengan kolom yang lain.
4.      Setelah selesai kumpulkan kartu-kartu yang telah di potong tersebut.
Perhatikan gambar berikut



Setelah mengetahui bagaimana cara membuatnya, sekarang marilah kita coba untuk memainkannya akan tetapi sebelum memainnkannya ada aturan yang harus di pahami terlebih dahulu.
B.     Aturan Permainan.
Dalam permainan kartu bilangan ini sangatlah sederhana, permainan ini seperti permaina kartu remi hanya berbeda pada bentuknya saja. Permainan bilangan berupa penjumlahan bilangan pada satu kartu dengan belahan pada kartu yang berbeda di isi dengan penjumlahan yang masing-masing nilainya berbeda. Adapun aturannya:
1.      Permainan ini dapat dimainkan oleh 2 orang atau lebih.
2.      Sebelum permainan dimulai kocok terlebih dahulu kartu bilangan, dan bagikan pada masing-masing pemaian dengan jumlah kartu awal sebnayak 4 buah kartu.
3.      Bentuk permainan sama dengan permainan kartu remi, jika pemain pertama menaruh satu kartu.
Pemain pertama menaruh kartu dengan dua sisi yang berjumlah berbeda bagian atas berjumlah 4 dan bagian bawah berjumlah 13, maka untuk pemain yang berikutnya harus mengeluarkan kartu yang bernilai sama pada bagian salah satunya.
Pemain kedua mengeluarkan kartu yang berjumlah 13 yaitu 5+9 maka angka 5+9 harus di   dekatkan dengan angka 9+4 karena memiliki nilai yang sama yaitu 13. Begitu seterusnya samapai mendapatkan pemenag pada permainan ini.
4.   Untuk menentukan siapa yang menag dan siapa yang kalah, dilihat dari siapa yang menguasai permainan. Yang bisa terus bermain maka dia yang menang.
5.    Untuk lebih memerioahkan permaianan ini buatlah aturan kelompok permaina untuk menyepakati hukuman bagi yang kalah misalnya yang kalah mengeluarkan kartu pada waktu terakhir, atau juag yang kalah mengocok kartu, dsb.
Demikian adalah permainan kartu bilangan. Permainan ini bertujuan untuk melatih anak untuk berhutung dengan cara menarik, tampilkan kartu dengan berbagai warna menarik itu akan membuat anak semakin senang untuk memainkan permainan ini. Daripada memainkan perrmainan yang kurang bermanfaat sebaiknya berikanlah permainan-permaina yang dapat mengasah kemampuna berfikir anak, itu akan lebih berguna bagi perkembangan kognitif anak.
Terimakasih semoga bermanfaat..............!!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar